Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila pada Anak Sekolah Dasar dengan Berlandaskan Metode Contextual Teaching Learning

Silsi Nur Azizah, Siti Fatimah, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari

Abstract


Nilai – nilai yang terkandung pada pancasil merupakan nilai fondasi serta nilai yang dijadikan acuan dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia, maka dari itu pengimplelemtasian nilai Pancasila harus dimulai ketika anak masih usia dini. Sehingga kelak nilai-nilai Pancasila tersebut dapat mendarah daging pada diri anak. Penanaman nilai pancasila pada anak dapat dilakukan melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Agar memaksimalkan tujuan pembelajaran pendidik harus memilih dan menentukan metode serta strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan demikian pembelajaran ini didukung oleh metode Contextual  Teaching and Learning, Metode tersebut merupakan metode pembelajaran yang menekankan siswa untuk   dapat menghubungkan konsep pengetahuan yang telah diperoleh dengan kehidupan nyatanya. Penelitian ini peneliti menggunakan metode studi literature terhadap beberapa konsep yang berkaitan dengan penelitian ini, serta dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana setelah menelusuri berbagai sumber peneliti menyimpulkan dalam urairan makna yang dapat dipahami. Dalam mengimplementasi nilai-nilai Pancasila ini tentu tidak selamanya berjalan sesuai rencana, namun terdapat tantangan-tantangan yang menghambat dikarenakan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang. Namun dengan adanya tantangan tersebut sebagai pendidik harus lebih memutar otak agar dapat mengatasi berbagai tantangan yang menghambat dalam pengimplementasian tersebut.                                                                                                                                              


Keywords


Nilai Pancasila, Contextual Teaching and Learning, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa.Widyadari: Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 2, 676–687.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2, 440–450.

Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan NilaiNilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5, 54–65.

Fatimah, S., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Jati Diri Anak Bangsa. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1.

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 42–47.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.

Jiwandono, I. S., & Nurbeni, I. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Fungsi Pancasila Sebagai Weltanschauung dalam Upaya Mengatasi Merosotnya Nilai Kebangsaan. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(35–42).

Johnson, E. B. (2011). CTL: Contextual Teaching & Learning: MenjadikanKegiatanBelajar-MengajarMengasikan dan Bermakna.

Nurdyansyah, N., &Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi NilaiNilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7, 38–49.

Parhan, M., & Sukaenah, S. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5, 360–368.

Sawitri, N. P. E. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pkn Kelas v SD Negeri 3 Sebatu Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1.

Sugianto, B., Taena, L., & Bilu, L. (2019). Implementasi Pancasila Tantangan Dan Solusinya. Gema Pendidikan, 2, 10–19.

Tampubolon, B. (2013). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9.

Winarno. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1547

Article Metrics

Abstract view : 888 times
PDF - 365 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Silsi Nur Azizah, Siti Fatimah2, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.