Pengembangan Video “Kerinda : Kerajaan Hindu-Buddha” serta Games Wordwall sebagai Media Belajar IPS di Sekolah Dasar
Abstract
Masuknya teknologi ke dalam dunia pendidikan akan berdampak baik, terjadinya perubahan-perubahan baru seperti motode, media pembelajaran dan lain sebagainya. Adanya teknologi akan memberi warna baru terutama dalam media pembelajaran. Kemampuan guru dalam melakukan sebuah inovasi dan berkreasi harus terus diasah, guru harus bisa memberikan warna baru kepada peserta didik agar peserta didik tidak bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media video serta games sebagai media belajar atau media pembelajaran pada materi Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara pada mata pelajaran IPS di kelas VI Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah Design and Development (D&D). Hasil penelitian ini penelitian pengembangan media video “KERINDA : Kerajaan Hindu-Buddha” serta Games Wordwall sebagai media belajar IPS di sekolah dasar dapat disimpulkan SANGAT BAIK (SB) dengan skor rata-rata persentase tingkat pencapaian sebesar 88% dari segi materi dan desain media. Serta, memperoleh skor rata-rata presentase tingkat pencapaian sebesar 83% atau interpretasi SANGAT BAIK (SB) dari segi ujicoba oleh pengguna yakni siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, A., & Purba, D. (N.D.). Pengembangan Bahan Ajar Gambar Berseri Berbasis Menulis Imajinatif Pada Keterampilan Menulis Cerita Muatan Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd No . 1 Kerobokan.
Amalia, S. (N.D.). Pengembangan Aplikasi Mom ( Moral Of Moslem ) Untuk Pembentukan Akhlak Terpuji Siswa Kelas 6 Sekolah.
Ammatulloh, M. I., Permana, N., Firmansyah, R., Sha, N., Izzatunnisa, Z. I., Muthaqin, D. I., & Indonesia, U. P. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ) Pendidikan Civics Caring Apps : Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Info Artikel Diterima Diterima Dalam Bentuk Review 16 Agustus 2021 Diterima Dalam Bentuk . 2(8), 1407–1419.
Hafidah, E., Sumardi, & Suryana, Y. (2020). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengembangan Media Puzzle Tentang Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia Untuk Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 71–81.
Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, & Khoirunnisa. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Bunder Iii. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386.
Marryono Jamun, Y. (1996). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. 10, 48–52.
Naldo, S., Basri, W., Sejarah, J., & Sosial, F. I. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Tentang Kerajaan Di Nusantara Yang Bercorak Hindu Dan Buddha. 3(4).
Rahmawati, I., & Leksono, I. P. (2020). Edcomtech. 11–23.
Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/271164-Pengembangan-Media-Pembelajaran-Untuk-Me-B2104bd7.Pdf
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.
Adnyana, I. B. K. R. (2021). Video Pembelajaran Bernuansa Problem Based Learning Dengan Muatan Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 127. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V4i1.32208
Fidya, I., Romdanih, & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara Iii Semnara, 219–227.
Media, P., Game, P., Surabaya, U. N., Pecahan, K., & Uang, M. (N.D.). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Mata Uang Kelas Ii Sd Abstrak. 1304–1318.
Novita, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Sd Materi Globalisasi Melalui Video Animasi Pada Siswa Kelas Vi Sdn Pelem 2. In Osf Preprints.
Susanti, S., Raharjo, T. J., & Ngabiyanto. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Terhadap Pembelajaran Ips Materi Keberagaman Budaya Bangsa Berbantuan Quiziz. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 502–508.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. Https://Doi.Org/10.30742/Tpd.V1i02.816
Fidya, I., Romdanih, & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara Iii Semnara, 219–227.
Hidayah, S. N., & Prasetyo, T. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. 5, 5–8.
Rochmada, E. D. (N.D.). Pengembangan Game Edukasi Wordwall Dalam Pembelajaran Ips Materi Peninggalan Sejarah Kelas Iv Sekolah Dasar Efrida Dwi Rochmada Pgsd Fip Universitas Negeri Surabaya ( Efrida.18203@Mhs.Unesa.Ac.Id ) Pgsd Fip Universitas Negeri Surabaya ( Suprayitno@Unesa.Ac.Id ). 1355–1364.
Sumarsono, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “ Kuartet Kingdom ” Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu , Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya, 487–496.
DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.2893
Article Metrics
Abstract view : 959 timesPDF - 387 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yoan Indah Lestari, Rizka Amalia, Dadan Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.