Pendidikan Karakter pada Siswa melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Lusiana Lusiana, Siti Fatonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai pendidikan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran IPS jenjang Sekolah Dasar. Pendidikan karakter haruslah melibatkan aspek-aspek yang ada pada diri anak yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang tentunya akan menanamkan suatu kebiasaan yang akan terus-menerus dilakukan oleh anak atau peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan dokumentasi dengan teknik analisis konten (content analysis). Sumber data yang digunakan yakni sumber data sekunder yaitu dengan mengumpulkan data secara tidak langsung dengan meneliti objek yang bersangkutan. Dalam upaya pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar melalui pembelajaran IPS paling tidak mencakup empat yang harus dilakukan yakni kurikulum, materi, guru, dan proses pembelajaran. IPS merupakan bagian dari dari kurikulum sekolah yang tanggungjawab utamanya adalah membentuk karakter peserta didk. Kurikulum sekolah membantu peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai, dan moral yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat baik di tingkat lokal, nasional maupun global.


Keywords


Character Education, Social Studies Learning, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Giwangsa, Sendi Fauzi, dan Pupung Rahayu Novianti. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Ucing Sumput Untuk Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran IPS.” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 11 (2).

Hadi, Imam Anas. 2019. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Lembaga Formal.” Jurnal Inspirasi 3 (1).

Hanang, Ar Rasyid. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah.” Socia 15 (1).

Harahap, Nursapia. 2017. “Penelitian Kepustakaan.” Jurnal Iqra’ 8 (1).

Harsanti, Arni Gemilang. 2015. “Integrasi Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran IPS SD.” Premiere Educandum 5 (2).

Marhayani, Dina Anika. 2017. “Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran IPS.” Jurnal Edunomic 5 (2).

Ningsih, Tutuk. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter. 1 ed. Purwokerto: STAIN Press.

Novilasari, Shella. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 2 (2).

Nursalam, dan Kusnanto. 2020. Pedoman Penyusunan Literature dan Systematic Review. Surabaya.

Oktaviyanti, Itsna, Joko Sutarto, dan Tri Atmaja Hamdan. 2016. “Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa SD.” Journal of Primary Education 5 (2).

Pringgar, Rizaldy Fatha, dan Sujatmiko Bambang. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa.” Jurnal IT-Edu 5 (1).

Puspitarini, Kadek Ade, Dantes Nyoman, dan I Made Tegeh. 2015. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Sosial Dengan Kovariabel Intensitas Hubungan Dalam Pola Asuh Keluarga Pada Siswa Kelas IV SD Perkotaan.” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 3 (1).

Rismayani, LD, IW Kertih, dan LP Sendratari. 2020. “Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS.” Jurnal Pendidikan IPS Indonesia 4 (1).

Sobri, Muhammad. 2019. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 6 (1).

Sodiq, Anshori. 2014. “Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Edueksos 3 (2).

Sukitman, Tri, dan M. Ridwan. 2016. “Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) Dalam Pembelajaran IPS (Studi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar).” Profesi Pendidikan Dasar 3 (1).

Surahman, Edy, dan Mukminan. 2017. “Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 4 (1).

Suyanti. 2017. Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Mataram: Mataram: Aula Handayani IKIP.

Utami, Yekti. 2017. “Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang.” Sosiolum 1 (1).




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3067

Article Metrics

Abstract view : 962 times
PDF - 321 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Lusiana Lusiana, Siti Fatonah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.