Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Al-Alim Sleman Yogyakarta

Nila Erdiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam  mengenai  manajemen pembelajaran tahfidz al-Qur’an di pondok tahfidz al-'Aalim Sleman Yogyakarta, dimana manajemennya  meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian yang dilakukan di pondok tersebut menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Data didapatkan melalui observasi dan wawancara, yang membantu  untuk memastikan validitas informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pondok tahfidz al-'Aalim telah melaksanakan manajemen pembelajaran yaitu (1) perencanaan pembelajaran tahfidz yang dilakukan di pondok tahfidz al-'Aalim melalui beberapa tahapan diantaranya: penyusunan rencana kerja, merencanakan waktu pembelajaran, merumuskan sistem seleksi peserta didik baru. (2) Pengorganisasian yang dilakukan di pondok tahfidz al-'Aalim dalam pembelajaran tahfidz dilaksanakan yaitu dengan membagi tugas dan tanggung jawab masing-masing pendidik oleh ketua yayasan, kabid pendidikan, dan pengasuh pondok. Beberapa tugas tenaga pendidik di pondok tahfidz al-'Aalim adalah menerima setoran hafalan dari para santri, membimbing dalam proses pembelajaran baik ketika murojaah dan perbaikan, yang terakhir memotivasi santri agar mereka  bisa betul-betul dalam melakukan pembelajaran sehingga dapat mencapai target yang di harapkan. (3) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz meliputi kegiatan seputar halaqah yaitu murajaah dan menyetor hafalan baru, kajian rutin dengan berbagai tema. (4) Evaluasi pembelajaran tahfidz al-Qur’an yang dilaksanakan pondok tahfidz al-'Aalim yaitu melihat sejauh mana pencapaian target hafalan santri, hal tersebut dilaksanakan dengan melakukan rapat atau musyawarah antara yayasan, pengurus pondok, donatur, ustadz dan ustadzah.


Keywords


Tahfizh Al-Qur’an; manajemen pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Bumi Aksara.

Hisam, M., Ms, F., & Surasman. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Quran: Pengalaman Menghafal Al-Qur’an di STIU Ma’had Tahfidz Wadi Mubarak Megamendung Bogor. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3, 184–204.

Kamaludin, H., Hidayat, S., & Ali, M. (. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di Pesantren Al-Kahfi Surakarta Dan Pesantren Nurul Iman Karanganyar. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21, 77–85.

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas. Penerbit Alfabeta.

Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Al Qur’an) di Pondok Pesantren Al-Husain Magelang. Jurnal Hanata Widya, 6, 62–73.

Mutaqin, D., Indra, H., & Lisnawati, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al–Qur’an Untuk Ketercapaian Target Hafalan di SMPTQ Abi Ummi. Rayah Al-Islam,.

Rambe, P., Nurjan, S., & Laksana, S. D. (2019). Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Tahfidz di Pondok Pesantren Tahfizh QurAn Ahmad Dahlan Ponorogo. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 3, 61-72.

Sihabuan, M. S. P. (2013). Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah. Bumi Aksara.

Sukmadinata, Syaodih, N. (2001). Metode Penelitian Pendidikan,. PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3197

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nila Erdiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.