Penyimpangan Nilai Religiusitas pada Tokoh Pengelmu Muda dalam Novel “Kabar Buruk dari Langit” Karya Muhidin M. Dahlan

Ahmad Yasid, Salamet Wahedi

Abstract


Salah satu syarat dalam kehidupan manusia yang teramat penting adalah keyakinan, oleh sebagian orang di sebut sebagai agama; yang membawa aturan-aturan dan norma-norma yang disebut moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyimpangan nilai religius pada tokoh pengelu muda dalam novel “Kabar Buruk dari Langit” Karya Muhidin M. Dahlan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Berbagai pertanyaan yang menyelimutinya membuat Pengelmu Muda selalu melangkah atas keputusannya, bahwa apa yang menjadi keputusanya sebagai jalan baginya, sehingga norma-norma yang berlau baik di bidang agama, kepemerintahan atau kepemimpinan dan norma masyarakat atau tradisi sudah tidak dijadikan pedoman bagi Pengelmu Muda. Berbicara tentang Alam, Alam bukan merupakan komponen yang bercerai dan terlepas hubunganya satu sama lainnya. Namun pada setiap kenyataan yang berlangsung dalam jagad raya merupakan kesatuan organisme yang di dalamnya terjadi pertentangan dan kontradiksi. Pada titik inilah letak jawaban dari rahasia perkembangan itu, dengan kata lain pertentangan yang dimaksud tidak menjadikan kumpulan komponen yang ada menjadi runtuh, justru  menjadi kekuatan penggerak bagi kelangsungan Alam atau kehidupan manusia. Sebaiknya dengan mengingkari kenyataan kontradiksi ini, maka akan membawa kepada pengertian yang statis dan kemandegan seluruh keberadaan

Keywords


Penyimpangan; Nilai Religious; Tokoh Pengelmu Muda; Novel

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Penerbit Graniti.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitihan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, S. N. (2012). Analisis Unsur Intrinsik dan Nilai Religiusitas Dalam Novel Perawan Surga Karya Laura Khalida Serta Model Penerapannya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Choiruddin Hadhiri, S. P. (n.d.). Klasifikasi Kandungan Al Quran Lux 2. Gema Insani.

Emilawati. (2010). Analisis Unsur Intrinsik dan Religiusitas Novel Syahadat Cinta Karya Taufiqurrahman Al Azizy Serta Hubungannya Dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Hadhiri, C. (2002). Klasifikasi Kandungan Al Quran Lux 2. Gema Insani. https://books.google.co.id/books?id=sQvVAWzG4xAC

Moleong, L. J. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muthahhari, M. (2012). Manusia Dan Agama. Haidar Bagir Bandung Mizan.

Nurgiantoro, (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press

Muthahhari, M. (1992). Manusia Dan Agama. Haidar Bagir Bandung Mizan.

Ramli, A. M. (2000). Peta Pemikiran Karl Marx (Materialisme Dialektis dan Materialisme Historis). LKiS.

Ratna, N. K. (2011). Paradigma Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.

Royati, (2012). Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Novel Munajat Cinta Karya Taufiqurrahman Al Azizy dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Skripsi. Mataram: FKIP Universitas Mataram

Slamet, J. (2020). A Sociolinguistics of Code Mixing and Code Switching Between English and Indonesian Language at STKIP PGRI Sidoarjo. JournEEL (Journal of English Education and Literature), 2(1), 65–77.

Slamet, J., & Witjaksono, H. (2019). Types of Deictic Expressions Used in Selected Articles of" The Jakarta Post". Journal of English Education (JournE), 1(2), 11–21.

Suparlan, S. (2005). Dasar-dasar Filsafat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syakur, A. (2020). Analisis Dialek Lokal Sebagai Penanda Identitas Lokal Individu ( Studi Interlanguage Mahasiswa Di Ilmu Administrasi Negara Stisospol “Waskita Dharma” Malang). JAMAK, 1(1), 14–18. https://ejurnal.waskitadharma.ac.id/index.php/jamak/article/view/9

Tjahyadi, I. (n.d.). MENGULIK KEMBALI PENGERTIAN SASTRA.

Yasid, A., & Syakur, A. (2020). Refleksi Nilai-nilai Eksistensialisme pada Tokoh Nidah Kirani dalam Novel “Tuhan, Ijinkan Aku Menjadi Pelacur. Karya: Muhidin M. Dahlan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 264–272.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3233

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Yasid, Salamet Wahedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.