Penilaian Kualitas Kepemimpinan Pendidikan

Muchtarom Muchtarom, Ai Sumarni, Firman Firman, Nur Sobarie

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas kepemimpinan pendidikan. Kepemimpinan pendidikan sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tanpa adanya manajemen yang baik, pendidikan tidak akan tercapai dengan baik dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian kualitas kepemimpinan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode library research, yaitu studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan 1) Penilaian kualitas kepemimpinan pendidikan harus mempunyai nilai-nilai  yang harus dimiliki, dengan merealisasikan nilai-nilai yang dimilki seorang pemimpin lembaga yang dia pimpin akan lebih maju sesuai dengan tujuan awal yang ingin dicapai, 2) Tipe seorang pemimpin dalam memimpin suatu lembaga sangat berpengaruh terhadap maju dan berkembangannya lembaga pendidikan tersebut, 3) Salah satunya dengan cara menentukan kriteria dan indikator seseorang dikatakan memiliki kualitas dalam kepemimpinan pendidikan, diantaranya adalah dengan pemimpin yang inovasi, inovasi mempunyai beberapa indikator dan kriteria diantaranya memahamai dan mempunyai target terukur perihal visi misi lembaga, dan juga konsisten, komitmen, bertanggung jawab, dan profesional, dan 4) Hambatan dan solusi yang harus di atasi adalah seorang pemimpin harus memahami visi, misi dan tujuan suatu lembaga dan harus dijalankan secara bersamaan. Simpulan penelitian ini adalah kualitas kepemimpinan yang baik akan meningkatkan mutu pendidikan

Keywords


Kualitas, kepemimpinan, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Akbar, N. (2017). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 5(9).

Burhanudin, B. (2019). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Religius Santri Perspektif Kitab Ta’limul Muta’alim di Pondok Pesantren Sunan Giri Ledok Kec. Argomulyo dan Hidayatul Mubtadiien Kalibening Kec. Tingkir Kota Salatiga (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Darmansah, T. (2022). Peran Pengawas Pendidikan dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Mudabbir (JOURNAL RESEARCH AND EDUCATION STUDIES), 2(1), 11-21.

Endaryono, B. T. (2019). Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Melalui Melalui Sistem Nilai. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 1(1), 91-97.

Fatonah, I. (2017). Kepemimpinan Pendidikan. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(02), 109-125.

Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 53-64.

Fithriyah, A. (2020). Perspektif Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sulta Syarif Kasim RIAU).

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1982). Leadership style: Attitudes and behaviors.

Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59-68.

Jensen, S. M., & Luthans, F. (2006). Entrepreneurs as authentic leaders: Impact on employees' attitudes. Leadership & Organization Development Journal.

Mulyadi, A. (2020). Dampak Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Syntax Admiration, 1(8), 1004-1022.

Noor, A. (2019). Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP.

Purwanto, A. Y. (2012). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Nganjuk. Ilmu Manajemen, 1(2), 1-15.

Riduansyah, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Berdampak Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 653-665.

Rustamadji, R. (2020). Kualitas Kepemimpinan Pendidikan dalam Konteks Organisasi Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 8(1), 78-86.

Sari, L. (2020). Upaya menaikkan kualitas pendidikan dengan pemanfaatan youtube sebagai media ajar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074-1084.

Syadzili, M. F. R. (2019). Polarisasi tahapan kepemimpinan transformatif pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 55-81.

Sukatin, H. S. (2020). Inovasi Pendidikan Sekolah Menengah Yang Bermutu Dan Profesional. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 18-39.

Thaib, M. I. (2018). Kepemimpinan Pendidikan dalam Islam. Intelektualita, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4616

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF - 264 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muchtarom Muchtarom, Ai Sumarni, Firman Firman, Nur Sobarie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.