Aktualisasi Pancasila di SMA dalam Menanggulangi Radikalisme Atas Sikap Fanatisme Beragama

Kirana Pranata S. Brahmana, Parlaungan Gabriel Siahaan, Novridah Reanti Purba, Rindiani Lumban Gaol, Ruth Astrinata Sihite, Yenni Enjelina Simatupang

Abstract


Radikalisme dan fanatisme beragama bukanlah fenomena yang terbatas pada satu kelompok atau agama tertentu, tetapi merupakan tantangan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurangnya pemahaman dan internalisasi terhadap nilai nilai Pancasila, ketidaksetaraan sosial dan diskriminasi berdasarkan agama, serta mengetahui pengaruh media sosial dalam memperkuat atau menyebarluaskan pandangan ekstrem terkait dengan fanatisme beragama. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kuantitatif dengan terstruktur Melalui instrument pengukuran seperti kuesioner atau observasi sistematis. Metode kuantitatif dengan angket adalah salah satu teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Penelitian ini melibatkan 31 siswa-siswi kelas XI di SMA Gajah Mada sebagai responden. Mereka dipilih secara acak dari berbagai latar belakang sosial, ekonomi, budaya, dan agama. Penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu dari jurusan IPA dan IPS. Sebanyak 17 responden laki-laki dan 14 responden perempuan turut serta dalam penelitian ini. Usia responden berkisar antara 16   hingga 18 tahun. Aktualisasi nilai Pancasila dapat menjadi alat yang efektif dalam mengatasi tindakan radikalisme yang berasal dari fanatisme beragama yang berlebihan.


Keywords


Radikalisme, Fanatisme agama, intoleransi, media sosial

Full Text:

PDF

References


Amal, M. K. (2012). Membendung Arus Radikalisme Agama Konstestasi Islam Moderat Versus Islam Radikal. Jember: STAIN Jember Press.

Aminah, S. (2016). Peran Pemerintah Menanggulangi Radikalisme dan Terorisme di Indonesia. KELITBANGAN, 83-101.

Amtiram, A. A. (2021). Kebijakan Anti Radikalisme Dunia Pendidikan Ditinjau Dari Pancasila dan Solusinya. Penelitian Administrasi Publik, 1-19.

Ghifari, I. F. (2017). Radikalisme di Internet. Agama dan Lintas Budaya, 123-134.

Kurniawan, E. K., Wilsen, V., Valencia, S., & Azizah, Q. (2022). Sikap Fanatisme Beragama Terhadap Intoleransi di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains, dan Sosial Humanioral, 78-97.

Lesmana, R. P. (2022). Fanatisme Agama dan Intoleransi Pada Pengguna Media Sosial. Penelitian Psikologi, 36-49.

Lituhuya, L. (2023). Analisis Publikasi Artikel Jurnal Tentang Fenomena Fanatisme Agama di Indonesia Dengan Menggunakan Bibliometrik. Gunung Djati Conference Series, 394-403.

Manuaba, I. B., & Supriyadi. (2018). Hubungan Fanatisme Kelompok dengan Perilaku Agresi pada Anggota Organisasi Kemasyarakatan. Psikologi Udayana, 460-471.

Mufid, A. S. (2013). Radikalisme dan Terorisme Agama, Sebab dan Upaya Pencegahan. Multikultural & Multireligius, 7-17.

Mustofah, I., & Mahmudah, N. (2019). Radikalisasi & Deradikalisasi Pemahaman Islam. Yogyakarta: Metrouniv Perss.

Nurish, A. (2019). Dari Fanatisme ke Ekstremisme: Ilusi, Kecemasan, dan Tindakan Kekerasan. Masyarakat dan Budaya, 31-40.

Saifuddin, L. H. (2014). Radikalisme Agama & Tantangan Kebangsaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag RI.

Saingo, Y. A. (2022). Penguatan Ideologi Pancasila Sebagai Penangkal Radikalisme Agama. Filsafat Indonesia, 147-161.

Samho, B. (2022). Urgensi "Moderasi Beragama" Untuk Mencegah Radikalisme di Indonesia. Sosial Humaniora, 90-111.

Shodiq. (2018). Paradigma Deradikalisasi Dalam Perspektif Hukum. Jakarta: Pustaka Harakatuna.

Syahril, Siregar, A. A., Munir, A., Febrini, D., Nasution, A., Mustaqim, A., et al. (2020). Literasi Paham Radikalisme di Indonesia. Bengkulu: Penerbit CV. Zigie Utama.

Tahir, I., & Tahir, M. I. (2020). Perkembangan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 74-83.

Tanamal, N. A., & Siagian, S. B. (2020). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Menangani Intoleransi di Indonesia. Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 172-189.

Tawaang, F., & Mudjiyanto, B. (2021). Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 131-144.

Zulkarnain. (2020). Pengaruh Fanatisme Keagamaan Terhadap Perilaku Sosial. Penelitian Sosial Keagamaan, 25-38.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5751

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kirana Pranata S. Brahmana, Parlaungan Gabriel Siahaan, Novridah Reanti Purba, Rindiani Lumban Gaol, Ruth Astrinata Sihite, Yenni Enjelina Simatupang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.