Penerapan Nilai Kearifan Lokal Tradisi Metawe’ terhadap Masyarakat Suku Mandar di Desa Adolang Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene

Sukmawati Sukmawati, Renaldi Renaldi, Sunarto Amus, Shofia Nurun Alanur, Nasran Nasran, Imran Imran

Abstract


Adat Metawe' merupakan tradisi adat yang dilakukan warga marga Mandar untuk menunjukkan rasa hormat, sopan santun kepada orang lain yang lebih tua, misalnya jalan-jalan kedua di hadapan wali dengan mengucapkan "tawe" sebagai ajakan maaf dengan mental menyerah dan menundukkan tangan, bahkan menundukkan kepala. Bacalah ini tidak ada yang berkaitan kecerdikan dalam mengamalkan metawe' dan terlebih lagi usaha-usaha yang dilakukan oleh internal marga mandar setempat menjaga adat metawe' dalam kehidupan sehari-hari. Teknik penelitian ini merupakan strategi subjektif dengan tipe konsentrasi pada kepastian dimana informasi diperoleh melalui pengamatan persepsi, pertemuan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terkonsentrasi pada hal ini, ditemukan bahwa warga Mandar memahami tanda adat metawe' yaitu merasa berhutang budi (umumnya menghargai), siri' (dipermalukan) dan assamalewung (berbagai) sebagai struktur hibah warga perorangan. Variabel utama yang berkaitan tanda adat metawe' diketahui bahwa dampak iklim, keluarga dan inovasi perbaikan. Upaya yang dilakukan untuk mengikuti adat tersebut diketahui bahwa melalui daerahin orang tua tidak tetap untuk menerapkan dan menampilkan adat tersebut . Penelitian berakhir Jejak adat metawe' ini menunjukkan tuntutan watak Permisi dengan penuh hormat yang muncul melalui perilaku fisik dan wacana ramah tamah.


Keywords


Pengadaan, tradisi metawe'; Manfaat Inspirasi Lokal

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, HZ and Sik, MS (2021) Teknik Pemeriksaan Subyektif. CV. Syakir Media Pers.

Asriati, N. (2012). Menumbuhkan wawasan karakter siswa berbasis lingkungan melalui pembelajaran di sekolah. Diary Instruksi Ilmu Sosial dan Humaniora, 3 (2).

Bahruddin, Mama (2023) Pengendalian Kebalikan Al-Qur'an dalam Model Administrasi Tindakan Ketat di Sulawesi Barat . Kepala Sekolah Haura.

Dillehay, TD (2007) Bangunan terkenal, domain, dan oposisi: bangsa Araucan dan catatan seremonialnya. Pers Universitas Cambridge.

Fitriana, F., Baharina, B. selanjutnya, Amrullah, A. (2023) 'Pemanfaatan Budaya Mandar Terhadap Disiplin Remaja di TK Al-Hisabah Wilayah Sulawesi Barat', Buku Harian Kajian Kepemudaan Indonesia , 12(1), hal. 37-48.

Halifah, S. juga, Nurrahmah, N. (2023) 'Contoh Pengasuhan DALAM Membingkai Etika ANAK DI Kawasan Lokal Pinggir Pantai MANDAR'.

Irawanti, I. (2020) 'Manfaat Wawasan Kedekatan Warga Mitawe' Amalan Etnis Mandar Dalam Menaikkan Etika Anak Di Daerah Kalukunangka, Daerah. Daerah Bambaira. Perkenalkan kayunya'. IAIN Palu.

Khatimah, H. (2021) 'Pentingnya Kelihaian Lingkungan Dalam Adat Mesaulaq Budaya Mandar Di Kawasan Pamboang Rezim Majene (Audit Pesantren)'. IAIN Parepare.

Kristianto, I. (2019). Keahlian Reyog Ponorogo dalam Hipotesis Fungsionalisme. Tamumatra : Catatan Harian Pertunjukan Ekspresi, 2 (1), 6-18.

Kusumastuti, A. selanjutnya, Khoiron, AM (2019) Strategi eksplorasi subyektif. Lembaga Instruktif Sukarno Pressindo (LPSP).

Lobensteiner, N. (2019) 'Patrimonialización e indigeneidad: políticas de identidad y políticas culturees en elconflico chileno-mapuche'. Universitas Tübingen.

Moleong, J. (2018) 'Lexy. 1998', Pendekatan Eksplorasi Subjektif [Pracetak].

Muliadi, MIH (2021) 'METAWE" Adat Dalam Budaya MANDAR', Diary Distribusi , 3(1), hlm. 40-49.

Pandu, SAYA dkk. (2014) 'Penjaga IDEAL HARI INI', SOCIUS: Diary of Human science , hal.50-66.

Pandu, SAYA dkk. (2016) 'Penjaga Ideal Masa Kini', Buku Harian Organisasi dan Strategi Kesejahteraan Indonesia, 15(1), hlm.50-66.

Parwin, M. (2016) 'Kemampuan media individu "Kalindaqdaq" dalam menyebarkan kualitas Muslimi yang ketat secara lokal di Daerah Betteng, Daerah Pamboang, Rezim Majene'. NDA Parepare.

Revi, A. (2020) 'Investigasi Penanganan Sampah dari Latihan Usaha Katering di Daerah Padang'. Perpengajaran Tinggi Andalas.

Sadat, A. (2019) 'Pemali Dalam Sudut Pandang Regulasi Muslim: Konsentrasi Fenomenologis pada Warga Patampanua, Polewali Mandar', Diary of Contemporary Muslim and Muslim Social Order, 3(2), pp.233-262.

Sigalingging, LE dkk. (2023) 'Pelaksanaan Adat MBESUR MBESURI DI Daerah SUKANALU Kawasan TIGAPANAH Lokal KARO', Catatan Harian Diklat Fundamental dan Sosial Humaniora, 2(8), hlm.1143-1152.

Supriyadi, NIM (2021) 'Perubahan Kualitas METAWE Konvensional Pada Kelompok Remaja MANDAR RANTAU DI YOGYAKARTA'. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Yuliani, S. (2020) 'Kesesuaian Cara Hidup Adat Mandar dengan Adat Bugis Di Daerah Lero Daerah Suppa Bagian Pinrang'. IAIN Parepare.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6421

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sukmawati, Renaldi, Sunarto Amus, Shofia Nurun Alanur, Nasran, Imran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.