Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penelitian di latarbelakangi dengan adanya pandemic COVID-19 dan pentingnya penguasaan teknologi bagi pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran yang diwujudkan dengan adanya media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media M-learning berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan melibatkan ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Model pengembangan yang digunakan yaitu Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Development dan Diseminasi. Untuk mengukur keberhasilan hasil belajar peserta didik maka menggunakan Uji Test dengan sebelumnya menggunakan uji hipotesis yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menyatakan bahwa media M-learning berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik bersifat valid, praktis dan signifikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. S., & . L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.
Alioon, Y., & Delialioğlu, Ö. (2019). The effect of authentic m-learning activities on student engagement and motivation. In British Journal of Educational Technology (Vol. 50, Issue 2, pp. 655–668). https://doi.org/10.1111/bjet.12559
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193–204. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Asmari, A. Al. (2016). Continuous Professional Development of English Language Teachers: Perception and Practices. Advances in Language and Literary Studies, 7(3). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.7n.3p.117
Budiono, J. D. (2014). BioEdu BioEdu. 3(3), 571–579.
Dasar, J. P. (2016). Efektifitas Media Animasi Dalam Pencapaian Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 1–7. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753
Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi. 3(3), 1000–1009.
Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Mobile Learning sebagai Alternatif Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Profesional. https://doi.org/10.31227/osf.io/v83ef
Martono Kurniawan, T., & Nurhayati Oky, D. (2014). Implementation of Android-Based Mobile Learning Application as a Flexible Learning Media. International Journal of Computer Science Issues, 11(3), 168–174.
Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111–127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Novaliendry, D., Darmi, R., Hendriyani, Y., Nor, M., & Azman, A. (2020). Smart Learning Media Based on Android Technology. International Journal of Innovation, Creativity and Change., 12(11), 715–735.
Pranaja, A., & Astuti, Y. (2019). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 294–302. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631
Purnama, S., & Asto B, I. G. P. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Surjanti, J., Seno, D. N., Hadi, H. K., Maroah, S., Siswanti, Y., Muafi, & Isfianadewi, D. (2018). The role of M-learning on effective learning media in higher education. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(4), 77–85.
Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.797
Article Metrics
Abstract view : 1968 timesPDF - 909 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ana Dwi Octavia, Jun Surjanti, Bambang Suratman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.