Pengaruh Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Memilih Lembaga Pendidikan

Ulil Amri, Yahya yahya

Abstract


Biaya pendidikan merupakan .Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode kepustakaan (library research) dengan menggali berbagai penelitian yang relevan baik dari buku-buku maupun jurnal-jurnal.Hasil penelitian ini adalah kebjikan pendidikan di Indonesia dari masa kemasa terus mengalami perubahan jika dimasa orde ditekankan suatu kebijakan pendidikan yang merujuk kepada isu nasionalisasi dan ideologisasi.Filosofi pendidikan diwajibkan berdasarkan Pancasila dan Manipol (Manipesto politik) UUD1945 yang materinya berorientasi pada sosialisme dalam perspektif Indonesia, kemudian pada orde baru kebijakan sentralistik, pada masa reformasi bersifat reformatif dan revolusioner


Keywords


Konsitensi, Kebijakan, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Bao, Yosafat Kristianus. “Reputasi Universitas, Biaya Kuliah, Fasilitas Perkuliahan dan Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Manajemen Universitas Flores: Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2019.” Analisis Edisi20 Ta.

Dkk, Dadang Suhardan. 2012. Ekonomi dan Pembiayaan pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Elisanovi. 2015. “Pengaruh Faktor Budaya Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Asing Dalam Memilih Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.” Jurnal Al-Iqtishad, Edisi 11 II.

Fahriansyah, dan Edward Zubir. 2015. “Analisis Pengaruh biaya dan Lokasi Terhadap keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Terbuka (Studi Pada mahasiswa UPBJJ-UT Pontianak).” Integra 5: 32–50.

Hadi, Nafik Umurul, dan Tri Kresna Murti. 2018. “Orang Tua Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Di Smp Negeri 1 Karangrejo Tahun Ajaran 2017 / 2018.” (3).

Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Reserach. Yogyakarta: Rake Sari.

Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Grup.

Purba, Rakhmawati. 2018. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBEDAKAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SETIAP SATUAN PENDIDIKAN SMK NEGERI KOTA TEBING TINGGI.” WAHANA INOVASI VOLUME 7 N(ISSN : 2089-8592).

Putri, Karina Pradityas. “Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.” http://eprints.undip.ac.id/30905/1/JURNAL.pdf.

Rivandi, Muhammad. 2021. “Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas Volume 23.

Supardin, Ninik Indrawati, Walipah. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Pendidikan, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Memilih Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi.” Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE).

Supriadi, Dedi. 2006. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yohandri, Trian. 2014. “Pengaruh Persepsi Tentang Fasilitas, Biaya Pendidikan, Kualitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah.” JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Volume 2.

Zubir, Fahriansyah dan Edward. 2015. “Analisis Pengaruh biaya dan Lokasi Terhadap keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Terbuka (Studi Pada mahasiswa UPBJJ-UT Pontianak).” Integra Volume 05.




DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.786

Article Metrics

Abstract view : 2332 times
PDF - 1033 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ulil Amri, Yahya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.